Jangan Lewatkan :

Thursday, September 12, 2013

DIY modifikasi speaker simbadda



Simbadda adalah produsen hardware komputer yang sudah bisa di bilang cukup lama berkecimpung dibidang accessoris per komputeran di indonesia.

Salah satu kemahiran nya adalah menciptakan speaker selain itu juga menyediakan casing, mouse, keyboard, dan headphone.

Hampir semua speaker simbadda memiliki komponen aktif yang sama dibagian dalamnya. Jadi dalam memodifikasinya tidak banyak yang dapat kita lakukan karena semua sudah 1 paket. Komponen aktif menggunakan IC TDA atau LM yang memiliki power sekitar 10 - 25 watt.


Kit ini mengunakan 3 buah ICpower  TDA 2050, dua IC untuk L dan R dan IC satu lagi untuk Subwoofer
Berarti total kekuatan speaker ini adalah sekitar 45 watt, masing-masing IC ini sekitar 15 watt dengan tegangan trafo 18 volt.


IC preamp yang digunakan standar 4558, IC ini dapat diganti dengan IC yang lebih baik dengan nomor seri yang sama. IC ini sepertinya sangat murahan dari bentuk fisiknya. Ganti dengan yang baru dan pasang soket nya biar lebih manis..

 PCB yang satu ini menggunakan filter terpisah, dapat dilihat dari pcb yang kecil dan memiliki kabel shield bolak balik. Bagian tone dan subwoofer filter terletak di bagian depan.

 PCB simbadda yang satu ini menggunakan 2 jenis IC power untuk speaker L dan R, 1 buah IC TDA 2050 dan yang satu lagi agak besar IC TDA 7337 sebagai penggerak subwoofer

Subwoofer terletak dibagian dalam box sehingga bass akan terasa dalam walau dengan level volume rendah,

Sekian dulu review Speaker Simbadda nya

Kalau ingin suara yag bagus dan tahan lama kta harus menambahkan Heatsink pada bagian IC Power karena jika speaker ini dihidupkan dalam waktu yang lama mengakibatkan suara agak serak dikit.

10 comments: